Selasa, 04 Oktober 2011

Membuat effect animasi sederhana

Assalamualaikum....
    Pada tutorial kali ini kita akan  membahas mengenai salah satu effect  yang bisa dilakukan pada visual basic.net, vb.net tidak hanya terkenal dengan kemudahannya bagi pemula namun vb.net unggul dalam masalah tampilannya, kita dapat merubah tampilan sesuka yang kita inginkan, biasanya kita hanya melihat pada saat membuka dan menutup aplikasi dan hilang dalam sekejap, namun kita dapat mengaturnya agar tampilan bisa lebih menarik.
Langkah 1
Buat form biasa dengan nama terserah kalian pada properties form tersebut, kemudian ubah back color menjadi warna putih, sebagai berikut.


Langkah 2
Buat tombol button dengan cara pilih button pada toolbox yang terdapat disebelah kiri aplikasi vb.net 2008, kemudian ganti “text” nya dengan “keluar”.
Langkah 3
Buatlah 1 file gambar terserah kalian, namun pada tutorial kali ini saya membuat gambar dengan extension “gif”, agar tampilan dapat terlihat tampak menarik.
Langkah 4.
Buatlah picturebox dan masukkan kedalam form yang telah dibuat tadi, kemudian pilih image yang terdapat pada tab properties yang terdapat di kanan bawah dari aplikasi vb.net ini, dan tampilan sebagai berikut.
Langkah 5.
Pada langkah ini kita sudah siap mengetik codingan pada, kita ketikkan coding pada form dengan cara double click form tersebut maka akan muncul page untuk mengetikkan coding, ketikan sebagai berikut.
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
Dim a As Integer
For a = 0 To 100 Step +1
Me.Opacity = a / 100
Me.Refresh()
Next
End Sub
pada tutorial kali ini saya menggunakan opacity untuk member effect pada saat kita membuka aplikasi maupun menutup aplikasi, opacity berfungsi untuk tingkat kegelapan dari sebuah aplikasi, deklarasikan variable a menjadi integer, kemudian variable a akan berubah dari range 0 sampai 100 dengan step +1, kemudian hitung opacity dengan cara variable a dibagi dengan nilai seratus, dan setiap kali perhitungan akan direfresh agar pada setiap perubahan akan terlihat dan next sampai variable mencapai nilai seratus.
Ketikkan codingan yang sama pada tombol button.
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim a As Integer
For a = 100 To 0 Step -1
Me.Opacity = a / 100
Me.Refresh()
Next
Me.Close()
End Sub
Dengan logika yang sama kita membuat effect pada button keluar ini namun berbeda pada perhitungannya yaitu dari range 100 menjadi 0 dengan step -1, setelah selesai aplikasi akan keluar.
Sekian tutorial pada kesempatan kali ini, untuk tindak lebih lanjutnya dapat saya serahkan kepada para pembaca dengan kreasi masing-masing dan imajinasi dalam membuat aplikasi anda menjadi lebih menarik.
Waalaikumsalam wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar